Jumat, 30 Maret 2012

SEJARAH MUNCULNYA BLOG

Blog adalah suatu catatan yang berawal dari diari atau catatan harian yang dipublikasikan secara online melalui suatu website menjadi semacam diari atau catatan online. Justin Hall, adalah pelopor dari kegiatan tulis menulis melalui website ini atau disebut juga internet based journalist. Dia membuat catatan online atau online diary yang berjudul 'Justin Links from the Underground' yang merupakan catatan hariannya ketika ia masih menjadi pelajar di Smarthmore College.
Pada saat itu online diary atau yang sekarang berganti nama menjadi 'Blog' adalah website yang berisi kumpulan link ke berbagai halaman website lain berikut pendapat atau komentar dari pemilik online diary mengenai halaman website tersebut ataupun mengenai halaman website dalam link-nya. Oleh karena itu, online diary pada waktu itu merupakan katalog link berdasarkan opini pemilik website. Para penulis diari adalah editor yang memilih dan mencantumkan link yang menarik tersebut di online diary miliknya.
Kemudian pada tahun 1997, seorang programmer yang juga mengelola online diary "robot wisdom", Jorn Barger, menciptakan istilah weblog yang diambil dari kata "logging the web", yang bisa diartikan "memasuki web". Sehingga blogger bisa berarti seorang yang masuk ke belantara web dan memilih link-link yang menarik berdasarkan pendapatnya.

Hingga tahun 1998, baru ada beberapa website saja yang dapat dikelompokkan sebagai blog, sehingga menjelajahi semua blog masih bisa dilakukan ketika itu.
Kemudian Peter Merholz, di tahun 1999 menyebutkan istilah weblog sebagai wee-blog, hingga kemudian disingkat menjadi blog saja dan orang yang mengelola blog disebut 'blogger'.
Sejak saat itu blog menjadi semakin populer, dan semakin banyak orang yang membuat blog. Apalagi dengan diluncurkannya Blogger.com oleh Pitas pada Juli 1999. Blogger.com adalah suatu web yang memungkinkan dan memudahkan seseorang yang bahkan tidak memiliki kemampuan berkenaan dengan html namun dapat membuat dan mengelola blog.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar